Beranda > Iseng > Hari Kartini

Hari Kartini

Hari ini bertepatan dengan hari Kartini, yang biasanya dirayakan oleh perempuan Indonesia pada tanggal 21 April sesuai tanggal kelahiran Kartini. Kartini yang mempunyai nama panggilan Raden Ayu Kartini banyak dikenal oleh orang/masyarakat Indonesia karena pemikirannya tentang emansipasi wanita. Kartini berpikir bahwa wanita harus memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki. Kedudukan wanita secara sosial di masyarakat Indonesia sangatlah rendah pada waktu itu. Contohnya, wanita hanyalah bisa ‘berdiam’ di rumah orang tuanya, dipersiapkan untuk menikah. Setelah menikah, wanita dibawah otoritas suaminya. Pendidikan bukanlah hak para wanita, tugas mereka hanyalah urusan rumah tangga. Kartini mempelopori gerakan emansipasi wanita, contoh: hak wanita dalam pendidikan, otoritas, kedudukan di muka hukum (legalitas), dan banyak lainnya.

Sampai sekarang Kartini dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita. Emansipasi wanita diartikan sebagai gerakan bangkitnya wanita-wanita(menurut aku) dari kerterpurukan. Tapi pada zaman ini emansipasi diartikan sebagai pembenaran atas beberapa tindakan wanita untuk melakukan hal yang tidak seharusnya mereka lakukan. Contohnya; wanita ingin sejajar dengan pria, bagaimanapun pria dan wanita mempunyai ke khasannya masing-masing. Wanita tidak seharusnya jadi pemain sepak bola, petinju dll. Yang seharusnya pekerjaan diatas hanya dilakoni oleh laki-laki. karna jika bekerja sebagai petinju atau pemain sepak bola akan hilanglah ciri khas wanita sebagai seseorang yang lembut dan penuh kasih sayang. Wanita jadi terkesan bringas dan terlihat aneh.

Sebaiknya wanita zaman sekarang memaknai emansipasi dengan cara melakukan hal-hal yang menjadi ciri khasnya mungkin bekerja menjadi koki (juru masak), guru, dokter, bidan atau perawat. Bekerja sesuai dengan ke khasannya sebagai perempuan.

Nama Raden Ajeng Kartini
Lahir 21 April 1879, Jepara, Jawa Tengah
Wafat 17 September 1940 di usia 25, Rembang, Jawa Tengah
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: